Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL)

Sistem Verifikasi Ijazah (SIVIL) adalah sistem yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (sebelumnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) Republik Indonesia untuk memfasilitasi verifikasi dan validasi ijazah secara elektronik.

SIVIL bertujuan untuk memudahkan proses verifikasi dan validasi ijazah secara efisien, cepat, dan transparan. Dengan menggunakan sistem ini, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, dan pihak lain yang memerlukan informasi tentang keabsahan sebuah ijazah dapat mengakses data tersebut secara langsung dari basis data SIVIL.

Adanya SIVIL untuk memastikan ketaatan Perguruan Tinggi dalam melaporkan data pembelajaran ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), silahkan lakukan verifikasi nomor ijazah Saudara laman SIVIL. Apabila nomor ijazah Saudara tidak ditemukan, silahkan menghubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan Ijazah. Pastikan anda mengisi Perguruan Tinggi, Program Studi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar. Sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 5478/A.P1/SE/2017 tentang Periode Awal Pelaporan PDDIKTI berlaku untuk:

1. Data Mahasiswa Program Studi Umum pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2003/2004.

2. Data Mahasiswa Program Studi dan Perguruan Tinggi Keagamaan dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2009/2010.

3. Data Mahasiswa Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013

Pengguna utama SIVIL adalah lembaga pendidikan tinggi, instansi pemerintah, dan perusahaan yang memerlukan informasi resmi tentang status dan keabsahan ijazah seseorang. Proses verifikasi menggunakan SIVIL biasanya melibatkan pencarian data ijazah seseorang berdasarkan nomor registrasi mahasiswa atau nomor ijazah. Pencarian tersebut dilakukan melalui portal online SIVIL yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

SIVIL dapat diakses melalui URL: https://ijazah.kemdikbud.go.id/

Penggunaan SIVIL sangatlah mudah. Anda cukup tuliskan nama perguruan tinggi dimana ijazah tersebut diterbitkan. Pilihkah perguruan tinggi yang sesuai dengan Ijazah tersebut. Masukan nomor Ijazah sesuai dengan Ijazah yang akan dicari. Masukan nomor chapca berupa hasil angka penambahan. Kemudian klik tombol Verifikasi.

Formulir Verifikasi Ijazah

Dengan adanya SIVIL, proses verifikasi ijazah menjadi lebih cepat dan mudah, mengurangi birokrasi dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai proses administratif, seperti seleksi pegawai, penerimaan mahasiswa baru, atau penilaian kelayakan untuk be

By yakaci

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *